Manfaat Menggunakan Jilbab Dalam Islam dan Sains

iklan
klikhijab.blogspot.com-Manfaat menggunakan jilbab dalam islam dan sains, ternyata menggunakan jilbab itu bukan sekedar melindungi rambut dari sinar matahari, karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh ketika kita menggunakan jilbab, baik dari segi sosial, kesehatan maupun politik. Nah, dalam tulisan ini kita akan membahas manfaat menggunakan jilbab dalam islam dan sains.

Manfaat Menggunakan Jilbab Dalam Islam dan Sains

Manfaat Menggunakan Jilbab Dalam Islam dan Sains


Ketika Allah memerintahkan sesuatu kepada makhluknya mustahil tanpa manfaat dari hal itu, semua perintah Allah pasti memberikan manfaat yang luar biasa untuk makhluknya agar hidup mereka menjadi lebih baik. Dibawah ini tertera beberapa manfaat berjilbab dalam islam :

1. Selamat dari adzab Allah (adzab neraka)

“Ada dua macam penghuni neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim).

Imam An-Nawawi ra. menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.

“Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya.

2. Terhindar dari pelecehan

Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,

“Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari).

Jikalau wanita pada jaman Rasul merupakan fitnah terbesar bagi laki-laki padahal wanita pada jaman ini konsisten terhadap jilbab mereka dan tak banyak lelaki jahat saat itu, maka bagaimana wanita pada jaman sekarang? Tentunya akan menjadi target pelecehan. Hal ini telah terbukti dengan tingginya pelecehan di negara-negara Eropa (wanitanya tidak berjilbab).

3. Memelihara kecemburuan laki-laki

Sifat cemburu adalah sifat yang telah Allah SWT tanamkan kepada hati laki-laki agar lebih menjaga harga diri wanita yang menjadi mahramnya. Cemburu merupakan sifat terpuji dalam Islam.

“Allah itu cemburu dan orang beriman juga cemburu. Kecemburuan Allah adalah apabila seorang mukmin menghampiri apa yang diharamkan-Nya.” (HR. Muslim).

Bila jilbab ditanggalkan, rasa cemburu laki-laki akan hilang. Sehingga jika terjadi pelecehan tidak ada yang akan membela.

4. Akan seperti bidadari surga

“Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia atau jin pun sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman: 56).

“Mereka laksana permata yakut dan marjan.” (QS.Ar Rahman: 5).

“Mereka laksan telur yang tersimpan rapi.” (QS. Ash Shaffaat: 49).

Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga.

Dengan berjilbab, wanita akan memiliki sifat seperti bidadari surga.

Nah, ini hanya sebagian kecil dari manfaat berjilbab dalam islam. Sekarang mari kita lihat manfaat berjilbab dalam sains :

1. Mencegah dari penyakit kulit

 Ternyata jilbab mencegah dari berbagai penyakit kulit loh, karena kebanyakan penyakit kulit disebabkan oleh sinar matahari. Dalam sinar matahari terdapat energi sinar UV yaitu sinar yang tidak nampak dan memiliki 3 panjang gelombang yang berbeda, yaitu gelombang A,B,C. Gelombang A bisa menyebabkan kulit terbakar apabila terkena sinar dalam waktu yang lama, kemudian gelombang B bisa menimbulkan kakngker kulit setelah terkena sinar matahari beberapa tahun dan gelombang C adalah gelombang sinar yang paling berbahaya dan mematikan. Gelombang C ini sering digunakan dalam sterilisasi karena kemampuannhya ampuh dalam membunuh suatu bakteri atau virus. Maka jilbab adalah solusi dalam melindungi kulit dari sinar matahari.

Dibawah ini adalah beberapa kemungkinan penyakit yang disebabkan terkena sinar matahari secara langsung :
a) Surburn ( terbakar sinar matahari )
Subrurn adalah luka bakar akibat sengatan sinar matahari yang kadarnya melebihi daya tahan kulit. Penyakit yang satu ini biasanya terjadi pada orang yang berkulit cerah , karena daya tahan kulitnya hanya mampu bertahan dari sinar matahari sekitar seperempat jam, sedangkan yang berkulit gelap mampu bertahan diterik matahari sekitar 3-9 jam.
b) Solar keratoses(peradangan kulit luar karena matahari)
Penyakit yang satu ini biasanya terjadi disebabkan karena seringnya terkena sengatan sinar matahari. Bentuknya seperti sisik-sisik kasar yang nampang pada kulit terbakar. Bagian yang sering terkena radang adalah hidung, tangan, tonjolan pipi, bibir dan dahi. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang bekerja diarea terbuka.
c) Solar urticaria ( gatal-gatal karena matahari )
Biasanya penyakit ini terjadi pada usia sebelum 40 tahun, baik kepada perempuan maupun laki-laki. Gejalanya langsung nampak setelah terkena sinar matahari.
d) Photosensitivity ( kulit yang sensitif terhadap matahari )
sifat sensitif pada cahaya terjadi akibat reaksi antara kulit dan cahaya yang tak wajar. Efek yang timbul dari penyakit ini adalah kudis yang berwarna merah dan membengkak. Hal ini dapat berlangsung beberapa hari hingga berminggu-minggu.
e) Kanker kulit
Para ilmuan meyakini bahwa sinar UV dapat merusak DNA dalam sel-sel kulit dan mengubahnya menjadi tumor kanker. Sinar matahari dari pukul 10 pagi hingga 4 sore bisa menyebabkan kanker kulit. Adapun  daerah yang paling berpotensial terkena kanker ialah wajah, telapak tangan, lengan dan betis.
f) Squamous cell carcinoma ( kanker sel gepeng / sel squama )
Biasanya orang-orang yang sensitif terhadap sinar matahari akan terkena penyakit yang satu ini, dimana gejala awalnya timbul sisik-sisik kecil yang muncul di wajah, telingan dan tangan orang yang berkulit putih.
g) In situ squamous cell carcinoma (kanker sel gepeng yang terlokalisir)
Penyebab penyakit ini adalah sinar matahari yang mengandung UV. Sel-sel kankernya berkonsentrasi pada bagian luar kulit saja.
h) Melanoma
Melanoma adalah penyakit kanker yang berbahaya, yang awalnya  seperti penyakit kulit biasa dan menyebar ketempat-tempat lainnya seperti mata, mulut dan otak. Penyakit yang satu ini dapat disembuhkan bila diketahui sejak dini. Ia merupakan pertumbuhan sel-sel kromatin pada lapisan luar kulit dan lapisan di bawahnya secara tak terkendali. Penyebab utama penyakit ini karena sering terkena sinar matahari ketika kanak-kanak.

Baca juga artikel tentang Hukum Berjilbab Untuk Wanita Muslim

Ternyata manfaat menggunakan jilbab itu luar biasa sekalihkan. Beruntunglah bagi kalian yang sudah berjilbab, terhindar dari azab allah, gangguan laki-laki jahil dan berbagai penyakit mematikan. Dan bagi kalian yang belum siap untuk berjilbab tunggu apalagi , selagi masih bisa berubah sekarang maka berubahlah sebelum kain kafan yang menjilbabi kepala kalian.
iklan

4 komentar:

  1. banyak sekali manfaat yang kita dapat ketika berjilbab makanya mari kaum muslimah untuk segera menggunakan hijab akan kita dapatkan manfaatnya baik didunia maupun akhirat

    BalasHapus
  2. anyak sekali manfaat yang kita dapat ketika berjilbab
    Handsok Muslimah

    BalasHapus
  3. banyak sekali manfaat yang kita dapat ketika berjilbab
    Handsok Muslimah

    BalasHapus